Senin, 10 Oktober 2016

Pengertian Software, Hardwere dan bagian-bagiannya


                                                                                                                          

v Pengertian Software dan bagian-bagiannya
v Pengertian Hardwere dan bagian-bagiannya

Tentu anda sudah sering melihat dan menggunakan yang namanya komputer, baik di sekolah, tempat kuliah atau di warnet, dari segi fisik mungkin anda sudah mengenalnya namun apakan anda tahu Pengertian Komputer dan Bagian Komputer, atau kapan komputer pertama dibuat.
Komputer generasi pertama dibuat sekitar tahun 1946 dengan sebutan ENIAC, yang masih berat dah mahal bahkan satu perangkat komputer memerlukan ruangan luas untuk penempatannya, sejak tahun itu perkembangan komputer semakin berkembang sehingga sampai pada saat ini yangs seperti sobat ketahui satu unit/perangkat komputer hanya butuh satu meja kecil untuk penempatannya.
Pengertian Komputer sebagai berikut :
1. Pengertian Komputer menurut ipulhe.com adalah Sekumpulan pernagkat keras dan Perangkat lunak yang dapat saling bekerja sama untuk menjalankan berbagai macam intruksi- intruksi atau perintah-perintah yang diinginkan oleh seorang pengguna atau user komputer dengan tujuan untuk menghasilkan hasil yang sempurna.
2. Pengertian Komputer menurut Wikipedia adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
3. Pengertian Komputer menurut para ahli 
*. Menurut Hamacher Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital,    kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi
*. Menurut Blissmer Komputer adalah sekumpulan  alat elektonik yang mampu melakukan perintah-perintah sebagai berikut:
1.         menerima input
2.         memproses input tadi sesuai dengan programnya
3.         menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4.         menyediakan output dalam bentuk informasi
    *. Menurut Fuori  komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk   perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia
Pengertian komputer secara sederhana yaitu penggabungan dari alat elektronik yang bekerjasama dengan terkoordinasi oleh kontrol program hasilnya memiliki fungsi dan kemampuan tertentu. Kemampuan dari komputer itu sendiri pada dasarnya adalah mampu menerima data dan setelah itu dapat mengolah data tersebut sedemikian rupa lalu akan dihasilkan informasi sebagai output.

v Pengertian Software dan bagian-bagiannya
     Perangkat keras komputer tidak akan dapat berbuat-apa tanpa adanya perangkat lunak, teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila intruksi-intruksi tertentu telah diberikan kepadanya, intruksi-intruksi tersebut dinamakan dengan perangkat lunak (software). Intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungsinya dari perangkat keras computer.
Software atau perangkat lunak adalah data yang disimpan pada media penyimpanan data permanen seperti harddisk/disket/cd-r. Perangkat lunak ini dibuat untuk menjalankan perangkat keras komputer sehingga dapat berjalan sesuai fungsi yang diinginkan. Perangakat keras dapat juga berupa data-data seperti tulisan, gambar, atau video. Pada awalnya perangkat lunak komputer dibuat hanya untuk satu tugas saja, sampai sekitar tahun 1960 an baru mulai muncul era perangkat lunak modern dengan berbagai fungsi. Alan Turing adalah salah satu yang berperan dalan rintisan awal perangkat lunak pada komputer.

Jadi berdasarkan bagian-bagiannya software computer dapat dibagi menjadi:
1.     Sistem Operasi/ operating system
2.     Aplikasi / application program
3.     Bahasa Pemprograman/ leanguage program
4.     Utilitas/utility

1.     Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dan sistem input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, Microsoft Windows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami system operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada system komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

·         Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
·         Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
·         Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input dari pengguna
·         Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
·         Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.


Contoh System Operasi
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
 Keluarga Unixyang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
 Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Perbedaan Windows dengan Macintosh
Kelebihan Windows selama ini terletak pada itemnya yang friendly karena banyak digunakan oleh para pengguna IT di seluruh dunia, sedari kecil sejak mengenal computer kita sudah dibiasakan dengan Windows, jika hang kita juga bisa dengan mudah memperbaikinya karena banyak ahli windows disekitar kita
Kelemahan Windows selama ini adalah karena ia mudah diserang virus, hal ini wajar karena ia banyak digunakan oleh para IT User jadi banyak orang sudah mengerti tentang bahasa programnya. Ia juga tidak bisa dikembangkan secara mandiri dan harus menunggu Microsoft, tidak ada source code-nya, disamping itu pula ia dikenal sebagai OS yang mudah hang walau juga dikenal mudah untuk memperbaikinya, hardware conflict adakalanya terjadi pada Windows karena ia bisa di injekkan pada computer rakitan.
Macintosh selama ini mempunyai kelebihan dalam kinerja pembuatan desain, musik, dan film. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ribetnya jika kita melakukan semua itu lewat Windows. Macintosh hingga saat ini memang lebih banyak menunjuk pada tiga hal tersebut. Tapi selain itu Mac juga dikenal sebagai OS yang eye catching, tidak terjadi hardware conflict karena sudah satu paket dengan Mac OS, ia juga tidak rentan virus.
Kelemahannya karena keeksklusifan satu paketnya membuat kita harus mengeluarkan biaya banyak,padahal dirumah kita sudah memiliki computer misalnya tentu kita harus membeli computer lagi. Selain itu hampir sama dengan linux, untuk menggunakan Mac kita juga harus belajar ekstra karena banyak system pengoperasian yang tidak familiar bagi pengguna IT awam.

Teknologi Sistem Operasi
Ø   Booting
Booting adalah istilah teknologi komputer dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor/prosesor disetting reset.

Ø   Thread
Thread dalam ilmu komputer adalah singkatan dari “thread of execution”, didefinisikan sebagai sekumpulan instruksi yang dapat dieksekusi secara paralel dengan thread lainnya, dengan menggunakan metode time slice (ketika satu prosesor melakukan perpindahan antara satu thread ke thread lainnya) atau multiprocess (ketika thread-thread tersebut dieksekusi oleh prosesor yang berbeda dalam satu sistem).

Ø   Device driver
Device driver adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangk.at keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi.

2.     Aplikasi
Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.


CONTOH PROGRAM APLIKASI UMUM
General-purpose application program adalah software yang tidak dikaitkan dengan tugas-tugas bisnis tertentu, melainkan memiliki tujuan penggunaan yang lebih umum dalam pemrosesan informasi. Beberapa software yang termasuk dalam jenis ini adalah:

v   Spreadsheet.
Software yang digunakan untuk mengolah informasi keuangan atau data-data dalam bentuk tabulasi.

v   Data Manajemen.
Software yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan dan memanipulasi data. Ada dua jenis data manajemen, yaitu filing program dan database management system.

v   Word Processing.
Software yang digunakan untuk mengolah teks.
Aplikas Office
Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.

v   Excel : Program Pemroses Tabel
Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi).

v   Desktop Publishing.
Software yang digunakan dalam bisnis penerbitan.
Graphics. Software yang digunakan untuk pembuatan dan pengolahan citra, seperti diagram, gambar, peta, fotografi, dan sebagainya.

  Multimedia. Software
yang menyajikan informasi dalam berbagai bentuk penampilan, seperti teks, musik, suara, atau film. Terdapat dua jenis software multimedia, yaitu presentation dan intercative. Penyajian informasi dalam presentation bersifat sekwensial seperti dalam tv atau bioskop, sementara penyajian informasi dalam interactive dalam mengikuti kehendak pemakai melalui media interaksi yang disediakan.

·        Aplikasi multimedia
saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara (gambar 3.9) dan film (gambar 3.10).
Player Suara / Musik

v   Communication Software.
Komputer seringkali saling terhubung dalam rangka untuk membagi atau mengaitkan informasi. Untuk pertukaran informasi ini, komputer menggunakan communication software.
·        Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :

·        E-mail (Electronic mail)
E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki . Messenger digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain alamat e-mail, dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express

·        Messenger
 Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)

v   Workgroup Software. Workgroup software atau groupware
 membantu kelompok atau team untuk bekerja sama dengan cara menyediakan informasi yang dapat digunakan bersama melalui workflow di dalam kelompok tersebut.
v   Integrated Enterprise Software.
Enterpise software terdiri dari program-program yang mengatur operasi-operasi vital sebuah perusahaan. Integrated enterprise software mendukung supply chain management, human resource management, dan financial management. Software ini kerap kali dikenal sebagai enterpise resource planning (ERP).

 Program Aplikasi

Program aplikasi bersifat lebih khusus jika dibandingkan dengan sistem operasi. Perangkat lunak ini secara khusus menangani kebutuhan pekerjaan dari pengguna seperti mengetik, membuat tabel, memainkan musik, memutar video, dan browsing internet atau interkoneksi dengan sesama komputer lokal.
     Masing-masing program aplikasi komputer dibuat dan dikembangkan secara khusus pada bidangnya masing-masing. Aplikasi perkantoran yang terkenal adalah produk Microsoft, yaitu Microsoft OFFICE.
Microsoft OFFICE terdiri dari Microsoft Word untuk mengetik dan pengolah kata, Microsoft Excel untuk aplikasi tabel dan spreadsheet, dan Microsoft Powerpoint untuk keperluan presentasi.
Selain Microsoft Office kini muncul OpenOffice dan Lotus Symphony sebagai alternatif pengganti aplikasi perkantoran yang berbayar tersebut.
Contoh Aplikasi komputer yang lain :
·         Aplikasi grafis, seperti: CorelDraw, Photoshop, ACDsee
·         Aplikasi Multimedia, seperti : Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, Klite
·         Aplikasi Browser, seperti : Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer
·         Aplikasi Programming, seperti: Visual Studio, Delphi, C++ Builder
·         Aplikasi Web Designer, seperti: Dreamweaver, Frontpage
3. Driver perangkat keras
Driver adalah Perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor sebuah perangkat keras. Contoh perangkat yang sering membutuhkan instalasi driver yaitu SoundCard, VGA Card, dan LAN Card. Tanpa driver kadang suatu perangkat keras masih  dapat berfungsi namun tidak dapat mencapai performa yang optimal, karena yang digunakan adalah driver universal. Jadi fungsi fungsi khusus yang merupakan kelebihan sebuah perangkat keras tidak dapat berfungsi dengan baik.

3.     Bahasa Pemprograman/ leanguage programan
Programming language atau bahasa program adalah suatu bahasa ataupun suatu tatacara yang dapat digunakan oleh manusia (programmer) untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer. Jenis programming language sangatlah banyak. Tetapi secara umum, pengertian programming language dapat dibagi menjadi dua, yaitu Low Level Language dan High Level Language.

Ø  Low level language
adalah suatu bahasa program atau suatu tatacara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Dalam hal ini tatacara yang digunakan masih ber-orientasi dengan mesin, dikarenakan itu low level language juga disebut sebagai bahasa mesin.

Untuk menggunakan bahasa ini, programmer harus menuliskan instruksi untuk setiap instruksi secara jelas dan teliti. Setiap program dan data yang ditulis, harus ditentukan pula address dimana data dan program akan disimpan. Programmer juga harus mengetahui lokasi setiap indikator ataupun register dan program untuk seluruh fungsinya.

Satu-satunya simbol yang tersedia untuk mengkomunikasikan tindakan yang dilakukan dan meng-identifikasikan data adalah 0 dan 1. Instruksi yang ada harus ditulis dalam urutan dan aturan dimana mereka harus ditampilkan. Oleh karena itu, apabila salah satu instruksi hilang karena terjadi kesalahan/kekurang telitian, seluruh instruksi harus dire-alokasi-kan untuk membuat ruang guna menambahkan instruksi tersebut, dan ini berarti pengubahan lokasi data.

v   Assembly
Bahasa assembly  adalah low level language, yakni lebih dekat dengan kode mesin dari pada bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena masih berorientasi mesin, membutuhkan programmmer yang memiliki pengetahuan mesin secara baik. Transfer program bahasa mesin kemesin untuk type berbeda sering sulit dan dalam beberapa kasus tidak mungkin. Programmer masih harus mempelajari bahasa assembly untuk mesin yang berbeda.

Ø  High level language
Merupakan suatu bahasa program atau suatu tata cara yang dapat digunakan untuk memberi perintah/instruksi kepada komputer. Tata cara yang ada sangat mirip dengan tata cara yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi. Dengan demikian, high level language lebih mudah untuk dipelajari. Semua kalimat, kata ataupun aturan yang ada didalam high level language, juga merupakan kalimat ataupun kata ataupun aturan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

jenis high level language cukup banyak, seperti misalnya BASIC, COBOL, FORTRAN dan lain sebagainya. Sama halnya dengan tatacara yang terdapat dalam bahasa assembly, penulisan program dalam high level language juga harus diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum proses dilakukan. Program penterjemah disebuh compiler atau interpreter. satu bahasa dan bahasa lainnya tidaklah sama, dan semuanya memiliki aturan dan tatacara sendiri-sendiri.

v   BASIC
bahasa BASIC misalnya, susunan programnya selalu terdiri atas tiga hal, yaitu line number, keyword dan body program. Dalam hal ini BASIC merupakan singkatan dari Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code. Basic menjadi sangat populer karena dapat dibuat dengan cara yang ber-struktur ataupun tidak, disamping itu, BASIC memiliki versi interpreter dan versi compiler. BASIC menjadi populer seiring dengan hadirnya microcomputer, yaitu pada akhir 70-an. Demikian populernya BASIC, sehingga banyak pabrik komputer PC pada saat itu yang membuat BASIC dalam versi ROM (Read Only Memory) disamping versi interpreter ataupun compiler.

v   COBOL
COBOL yang merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language. Bahasa ini terbagi menjadi empat divisi, yaitu Identification Division, Environtment Devision, Data Devision dan Prosedure Devision. Susunan bahasa ini sangat rapi dan teliti sehingga menyerupai tulisan seorang manajer pada saat membuat laporan ataupun seorang pengarang sedang membuat buku

  PASCAL
PASCAL Programming Language juga merupakan suatu bahasa, dimana nama yang ada diambil dari nama seorang ilmuawan Perancis yang sangat terkenal, yaitu Blaise Pascal. Bahasa ini tersusun dengan pola struktur yang mengalir dari atas kebawah. Disamping itu, sebuah program yang besar dapat dipecah-pecah dalam beberapa modul program yang lebih kecil. Dengan demikian, bahasa ini dapat mendorong seorang programmer untuk melihat sebuah persoalan secara logic.

Para pengguna komputer berbasis Windows, kini menggunakan bahasa pemrograman berbasis objek Bahasa pemrograman yang ditawarkan dengan banyak kemudahan ini, menggunakan kosa kata yang cantik, yakni Visual, sehingga kita mengenal adanya Delphi milik Borland, Visual C++, Visual Basic, atau Oracle, PowerBuilder, Visual dBase, Visual Foxpro, untuk aplikasi database.

v   Visual Basic
Visual Basic dari Microsoft Corporation, merupakan bahasa pemrograman yang secara cepat dan mudah dapat digunakan untuk membuat aplikasi pada Microsoft Windows.

v   FoxPro
FoxPro adalah sebuah Sistem Manajemen Database (Database Management System/ DBMS) elektronik, yang membantu kita untuk mengumpulkan, mengambil dan menampilkan data. Sedangkan Visual Foxpro sendiri adalah bahasa pemrograman visual yang berorientasi pada obyek dan juga sebagai Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS). Visual FoxPro mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dipunyai oleh bahasa pemrograman lain.

  Visual Foxpro 6.0
Visual Foxpro 6.0 merupakan versi terbaru dari generasi FoxPro. FoxPro sendiri merupakan perangkat lunak yang tidak hanya terbatas untuk membangun aplikasi berbasis database, melainkan juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat label surat misalnya.

  Visual C++
Visual C++ adalah bahasa pemrograman C++ versi Microsoft. Didasarkan pada bahasa C, C++ adalah versi pembaharuan dari C yang mengambil bahasa C ke evolusi bahasa pemrograman aras berikutnya - yang menyediakan pemrograman berorientasi objek. Visual C++ adalah bahasa yang dikompilasi. Sebuah compiler C++ (bahasa pemrograman C++ yang merupakan bagian dari Visual C++ kita) mengambil instruksi-instruksi bahasa C++ dan menterjemahkannya ke dalam format yang dapat dibaca komputer.


4.     Utilitas/utility

Program Utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.

 Dan juga Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll






v Pengertian Hardwere dan bagian-bagiannya
Berikut akan saya jelaskan dengan lengkap perangkat keras komputer disertai gambar dan fungsinya agar lebih mudah dalam memahami dari banyaknya macam-macam perangkat keras (hardware) komputer. Dalam memudahkan mempelajari dan mengenal berbagai perangkat keras pada komputer maka di buatkan penggolongan hardware komputer berdasarkan :
1.         Input Device (Perangkat Masukan)
2.         Process Device (Perangkat Pemrosesan)
3.         Output Device (Perangkat Keluaran)
4.         Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
5.         Periferal (Perangkat Tambahan)

Penjelasan lebih detail mengenai setiap Perangkat Keras Komputer (Hardware Komputer) disertai Gambar dan Fungsi maupun Macam-macamnya dari penggolongan yang telah disebutkan diatas bisa menyimak lebih lanjut dibawah ini.
Input Device (Perangkat Masukan)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgd7btRQsmd_rHNdC7wuiqpfK9imlLYFzfJQvhw8XdzvPjgno2boVEZjwYPSIBQcuvYKkvj7Nkif2fdVAhIZ8TdYwjYSvGf08bexidMvAFw53nEDhAy4dWNMNESbgvFaiYY-_WReJl9PjWB/s320/Perangkat+Keras+Komputer+Input+Device.jpg

Input Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, sebagai contoh input device yaitu keyboard, mouse, touchpad, touch screen, light pen, joy stick, games paddle, barcode, digitizer, scanner, sensor dan voice recognizer.
Process Device (Perangkat Pemrosesan)
Central Procesing Unit (CPU)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdmxmRgMnL_JwJTuRkRriwfhdgBD4qricNQ-rBbwKZjRXhsTaxdYg4XPRpYDPxyrp-jDg5Vdu_a7GGRS1iY-R_G9XOWd_UD4Mzf6CIpeIsMrG32jEiIMnWSFHSpJfkqXa1v_47xTCto1vp/s320/Central+Procesing+Unit+%28CPU%29+-+Prosesor.jpeg
Central Procesing Unit (CPU) atau yang lebih dikenal dengan nama Prosesor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting dalam memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak.
Memori - Random Access Memory (RAM)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDmZcmhsGkGDvbaw1bKmJaMvDZ5cdrPvG8brcszj84ocrMwX4OeM3wfKFr3RjEoCUFfMeYGSbF8aQ_K54RiJbChAD19XMcSuOBvRTS-0DNSRTQuFzzP4DYJSx0PG16LK-fX9Cj_nMaQiOw/s320/Memori+-+Random+Access+Memory+%28RAM%29.jpg

Memori merupakan media penyimpanan data sementara pada komputer, memori bertugas dalam jangka pendek atau sekedar transit data dalam menyimpan data sehingga komputer tidak perlu selalu akses langsung ke harddisk dalam mencari dan mengolah data, maka dari itu besarnya RAM menentukan dan membantu kecepatan dari komputer.
Video Graphic Array - VGA Card (Kartu Grafis) 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigyXBUxhxjxaolyY6aBOg2dnBxQui1sKAdPrg9ePldCUirxVm1InDXFRv20z67o-7niib_pfN_JFQVWbwQFfSdUZnQ3qdgw69AXJ6JBFZgXxElIjTHFdqRNyai8b8HAblp4Y6TsdLyNn3s/s320/Video+Graphic+Array+-+VGA+Card+%28Kartu+Grafis%29.jpg
VGA Card merupakan kartu ekspansi dalam menciptakan dan menampilkan tampilan di layar monitor, pada saat sekarang ini pada motherboard biasanya sudah tersedia VGA onboard sehingga tidak diperlukan lagi VGA Card namun untuk memiliki kualitas yang baik dan juga untuk menghubungkan kebeberapa layar monitor tentu perlu ditambahkan VGA Card yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Motherboard (Papan Induk)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6WoI5m5g431lq5b6qd1UnB-db5gJ-UsskWeiiHwDw1FEyodgrJ0Zh4j_TwAdCqt7pRZFHwL3_tEljLdSWFwV83ouWmFxCJSQ5iu64TOcBPMJOaprhBRDqXwpZSnENKsv6vc9IGkJHCnkv/s320/Motherboard+%28Papan+Induk%29.jpg
Motherboard biasa disingkat Mobo merupakan sebuah papan sirkuit utama tempat berbagai komponen elektronik (Prosesor, Memori, Slot VGA) saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.
Power Supply Unit (PSU)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNFSd7yn5W8mOUp4oC9k9_eEtR52qberVym-0elvadIiG-Fnb0_oRyLvOAIO4-re46CQpHDdHyoGcd5fzhKGURI_zRQNrE5vYLiWw7uvM6sR2wT9W5U-ElivP9whvN4qQKy_BvyWWLUmpt/s1600/Power+Supply+Unit+%28PSU%29.jpg
Power Supply merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik atau daya, kontrol voltase kepada perangkat keras komputer.
Casing Unit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg77KcGuuIzlguGun6A0SW9ftR6OXlsXXrlH_F9e6GP05rXOWsH-aOkJOVH3iKPHjQExO8gPAUyDUXXIWI_j-kptm8ZH6-2RkIhFfQMNPfLdqbF-hi0VbfZVXjOHyD6dAOhPRiephfJdWyj/s320/Casing+Unit+Computer.jpg

Casing Unit merupakan wadah atau tempat untuk menempatkan beberapa perangkat utama komputer seperti motherboard, VGA Card, Prosesor dan beberapa perangkat yang lainnya termasuk Power Supply.
Output Device (Perangkat Keluaran)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKW3S1XiL1lObUOJ801TzzMf9fqKQ2Dv-omk4TnRKfsFVHShRlO4hlAHsFTxtWjvmY_pzDRNADPOxHsvw_HiXtamusdnX_DiPnUUUR8zas0F4Z1UUkjVqJKUvVcIKwXSmoPN2lo55G7p5Y/s320/Output+Device+%28Perangkat+Keluaran+Komputer%29.jpg

Output Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menghasilkan keluaran baik berupa hardcopy (di cetak di kertas) atau softcopy (ke layar monitor) dan juga keluaran berupa suara. Sebagai contoh yang termasuk output device yaituprinter (dot matrix, inkjet printer, printer laser), video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Dispaly), Speaker dan masih banyak lagi.
  Monitor / Screen Monitor
Monitor (Visual Display Unit) adalah media sebagai sarana dalam menampilkan apa saja yang kita lakukan dengan komputer seperti mengetik di papan keyboard yang setelah itu diolah dan ditampilkan pada monitor.
Storage Device (Perangkat Penyimpanan) 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZ-6PXEsuji7WZBKlEU8QwUdU7HneBjK5mAYR73_61v5v8ynVDOrKNi7vPI3GMORJnZ9zdLyes5RxEBgXVgqX_tcbhgr6EvDcj3snxA_adJ6SEY9Wwn5uQH9ULImFlbK7iP9zwlvIILYCd/s320/Storage+Device+%28Perangkat+Penyimpanan%29+.jpg


Storage Device adalah media sebagai penyimpanan data, beberapa diantaranya yaitu :
·       Harddisk media yang berfungsi sebagai alat booting dan juga menyimpan data.
·       DVD/CD-ROM merupakan media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram dengan menggunakan DVD-RW/CD-RW drive.
·       Floopydisk atau disket termasuk media penyimpanan data dengan kapasitas yang kecil dan saat ini jarang sekali digunakan, sebagaian digunakan hanya sebagai alat bantu dalam installasi dan booting beberapa Motherboard tertentu.
·       Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang saat ini paling banyak digunakan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa dengan kemampuan penyimpanan yang cukup besar.

Periferal (Perangkat Tambahan)
Network Interface Card - NIC : LAN Card
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcMI9Aa1nI1rZeZSUNn6Cv5dxUS-oJY6li1_cJ9ek956n_WzQJCMERcJZ_mncCP-Jf6ODjvFmUZXq6eOjpCx8-xgobZdM3IHeL2S1G3L28SpMLy99UzdCJVd99S60MoUBOpHHq7SpQfk0L/s320/Network+Interface+Card+-+NIC+LAN+Card.jpg
Perangkat Keras Komputer yang berfungsi agar komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya maka diperlukan sebuah perangkat keras agar mampu terhubung ke jaringan komputer seperti Kartu Jaringan (network interface card - NIC). Dalam merencanakan membentuk suatu jaringan atau dikenal dengan topologi jaringan maka peran dari kartu jaringan adalah penting untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, namun bila komputer berdiri sendiri alias sekedar dijadikan personal komputer saja maka kebutuhan NIC tidak harus ada. NIC pada saat ini sudah disediakan secara onboard pada motherboard sehingga tidak usah repot lagi untuk membelinya lagi, tetapi untuk keperluan tertentu atau ingin meningkatkan kualitasnya tentulah diperlukan NIC/Lan Car dengan kualitas yang lebih baik lagi.
Perangkat tambahan lainnya seperti modem sebagai alat komunikasi dua arah, dimana modem saat ini lebih mengarah kepada alat yang digunakan untuk terhubung ke komputer secara global yang biasa kita menyebut dengan internet, dimana pengertian internet secara umum merupakan jaringan terbesar dari komputer yang dari sana dapat saling akses dan juga bertukar data informasi.

Hardisk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimqtGBl649-MTz7cCvgQVP0Zo8A_vsozSS23KtahHpbKfK0Cn4oFKtH71K5iqfAsD3S1VP539oz5diGhLs08UFMgFIVEwzqkA1vAO5Vw8wN5Cp4z4yCTA8uhEZ0prRWRy5RH4r8ZKd63E/s320/gambar+bagian+komputer+dan+fungsinya+hardisk.jpeg
Fungsi hardisk sebagai media penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program. Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.

Bagian KeenamOptical Disk Drive (ODD)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiM2hBCjaMr5p_JzgtWqwQiHzGeZnb7fTHKrjTIJD9oNDTC-_mWLYZ73R09pvPdYgyoNYrJ98zsY8zH5zd3BBiqyds69oW4beTD9IiyGkFiYtogHqEIBEma43LtznqfBN-g4aXC3Iq2jLY/s320/gambar+bagian+komputer+dan+fungsinya+odd.jpeg
Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD, memang secara fungsi sekarang kurang diminati karena banyaknya media penyimpanan yang bersifat mobile dan berkapasitas lebih besar daripada CD, DVD ataupun Blueray yang dapat diakses langsung tanpa menggunakan CD atau pun DVD

Bagian Ketujuh, Monitor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOYVnsCeTe-fM78kYEcpm_1nl8PK3LQXMq-rgVtpR77eTar6Va4_z0XjCyxrH3ZRaSszrxWEDMAlVne7jsPbZnNk_a6imRoW_agAHkDdHs-juIux6EoRXdwNEiktnQxCLXZ0WADxTBJ0w/s320/gambar+bagian+komputer+dan+fungsinya+lcd+monitor.jpeg
Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar dari video card, LCD mungkin lebih banyak daripada monitor tabung (CRT) selain kebutuhan listrik yang relatif ebih kecil dan hemat, kebutuhan ruang yang relatif kecilpun menjadi poin penting transisi dari CRT ke LCD, meskipun masyarkat banyak yang beralih ke LCD, beberapa profesi seperti design ataupun layout lebih bertahan di monitor CRT

Bagian Kedelapan, Mouse + Keyboard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHiqROmU9cclTNPnUWQ8955e0PKPk8SLGgJgBx_XdtFowbijcowM3_MNHr2NOHjm6Zc1IaEmBCrsX8dTTB-Jxov3aeQwV76ou8SZBbYC7N8Yj740JE50GbXrTQx6IldnwUXecVw2gmIHc/s320/gambar+bagian+komputer+dan+fungsinya+keyboard+mouse.jpeg
Dua item diatas berfungsi sebagai input sebuah komputer, tidak banyak yang bisa saya gambarkan pada bagian ini, hanya kenyamanan tangan dan jari yang mungkin menjadi pion penting kita sebelum membeli bagian ini.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXU4jfaG0_adyanOJzxv6Ix899RlQyyqax27kZqrd4bIDJ2bJrbJgNFe_gZ12C38jXAysGJ2-fGtRfpQU88r9TbvY19LxN9hfofHU1e_Rx0PpLM5mFaRtc-fJ6h8JiK65w0uE021mnY0c/s320/gambar+bagian+komputer+dan+fungsinya+casing.jpeg
Bagian Kesembilan, Casing dan Power SupplyCasing dan power supply biasanya satu paket dalam komputer, yang berfungsi sebagai rumah komputer dan sebagai penyedia listrik yang yang akan dialirkan pada seluruh bagian komputer. macam-macam bentuk dan model casing yang ada sering kali dapat menipu analisa kita tentang komputer yang bagus atau bandel karena sudah sifat manusia lebih cenderung melihat dari sampulnya sebelum bertanya isinya.

 Chipset



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifWBHhmx_ijFFFa0JUIMtNUXZgLt511u4p33_yfr9DNZ5i4lsKNRF0z6ha9R5uf2Dmd-pduaEevXddWcnjaqFye9CegMbZQ55P92WafejBXPoxDctXmV0IVYo-hM2VO2rhyUsuqLFz9F8/s200/chipset_8062.jpg
Chipset adalah perangkat keras komputer yang terpasang / menempel pada motherboard, chipset berfungsi sebagai penghubung processor ke seluruh bagian motherboard. Chipset terdiri dari dua yaitu Northbridge dan Southbridge semua bagian komputer berkomunikasi dengan CPU melalui perangkat keras chipset.
Northbridge menghubungkan secara langsung ke prosesor melalui Front Side BUS (FSB). Sebuah memory controller terletak pada Northbridge, yang memberikan akses cepat CPU ke memori . Perangkat keras komputer Northbridge juga terhubung ke AGP atau PCI Express bus dan ke memori itu sendiri.
Southbridge lebih lambat dari Northbridge, dan informasi dari CPU harus melalui Northbridge sebelum mencapai southbridge. Bus lain terhubung Southbridge ke bus PCI, USB port dan IDE atau SATA koneksi hard disk 

Printer
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas. Printer ada yang menggunakan sistem dot matrik, tinta dan laserjet.

Dahulu printer hanya untuk mencetak dokumen, kini printer sudah bisa untuk mencetak foto.

Merk printer yang terkenal adalah HP, Canon, Epson, dll.



Speaker
fungsi speaker komputer sepertinya sudah dapat dilihat secara umum, seperti speaker yang sering kita lihat berupa speaker aktif maupun hanya speaker saja yang terpisah dari perangkat penguat audio-nya. Jenis-jenis speaker ada banyak, dilihat dari bentuk fisik maupun kegunaan speaker itu sendiri.







SUMBER :

1 komentar: